Search

Akuntasi Sebagai Sistem Informasi

AKUNTANSI

A. Pendahuluan

Sejarah akuntansi

Akuntansi sudah ada sejak ± 3600 sebelum masehi di kota Babylonia, adapun bukti sejarahnya yaitu ditemukanya catatan catatan yang bertuliskan tentang sisitem pembayaran upah atau gaji para pekerja pada waktu itu yang ditulis di lepengan lepengan tanah liat atau batu atau besi. Namun pada tahun 1494 masyarakat umum sudah mengetahui akuntansi berkat seorang ilmuan italy yang bernama Lucas Paciolli yang menuis buku ilmu pasti dengan judul “summa de aritmatica, Geometri, proptioni et propotionalita” sedangkan bagian yang berisi pelajaran akuntansi dengan judul “tractus de computis et scriptorio” yang terdiri atas 37 bab. Atas jasa beliau sehingga beliau di beri gelar bapak akuntansi dunia ( The Father Of Accounting)


AKUNTANSI

A. Pendahuluan

Sejarah akuntansi

Akuntansi sudah ada sejak ± 3600 sebelum masehi di kota Babylonia, adapun bukti sejarahnya yaitu ditemukanya catatan catatan yang bertuliskan tentang sisitem pembayaran upah atau gaji para pekerja pada waktu itu yang ditulis di lepengan lepengan tanah liat atau batu atau besi. Namun pada tahun 1494 masyarakat umum sudah mengetahui akuntansi berkat seorang ilmuan italy yang bernama Lucas Paciolli yang menuis buku ilmu pasti dengan judul “summa de aritmatica, Geometri, proptioni et propotionalita” sedangkan bagian yang berisi pelajaran akuntansi dengan judul “tractus de computis et scriptorio” yang terdiri atas 37 bab. Atas jasa beliau sehingga beliau di beri gelar bapak akuntansi dunia ( The Father Of Accounting)

Sebuah buku ringkas menampilkan instruksi akuntansi juga diterbitkan di tahun 1588 oleh John Mellis dari Southwark, yang termuat perkataanya, "I am but the renuer and reviver of an ancient old copie printed here in London the 14 of August 1543: collected, published, made, and set forth by one Hugh Oldcastle, Scholemaster, who, as appeareth by his treatise, then taught Arithmetics, and this booke in Saint Ollaves parish in Marko Lane." John Mellis merujuk pada fakta bahwa prinsip akuntansi yang dia jelaskan (yang merupakan sistem sederhana dari masukan ganda/double entry) adalah "after the forme of Venice".

Pada awal abad ke 18, jasa dari akuntan yang berpusat di London telah digunakan selama suatu penyelidikan seorang direktur South Sea Company, yang tengah memperdagangkan bursa perusahaan tersebut. Selama penyelidikan ini, akuntan menguji sedikitnya dua buku perusahaan para. Laporannya diuraikan dalam buku Sawbridge and Company, oleh Charles Snell, Writing Master and Accountant in Foster Lane, London. Amerika Serikat berhutang konsep tujuan Akuntan Publik terdaftar pada Inggris yang telah memiiki Chartered Accountant di abad ke 19.


B. ISI

Definis akuntansi

Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa yang fungsinya adalah menyediakan data akuntatif atau akurat, terutama yang bersifat keuangan dari kesatuan ( perusahaan, perseorangan, PT, koperasi, yayasan) yang nantinya dapat digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomis di dalam pemilihan alternatif dalam suatu keadaan.

( terjemahan bebas definisi akuntansi dari amerika institue of certified public accountant)

Beberapa pihak yang menggunakan informasi akuntansi

Pihak intern

• Manager perusahaan

Manager perusahaan merupakan pihak yang sangat penting dan paling banyak berhubungan dengan hasil akhir akuntansi

• Karyawan

Karyawan membutruhkan informasi keuangan untuk bberapa tujuan diantaranya mengetahui hak karyawan kesejahteraan dan kepastian karir.


Pihak ekstern

• Kreditor atau bank

Bank harus dapat menilai apakah perusahaan yang mengajukan permintaan kredit mampu mengembalikan pinjaman atau tidak

• Masyarakat

Laporan keuangan daspat membantu masyarakat dengan menyediakan informasi tentang kecenderungan dan perkembangan terakhir kemakmuran beserta rangkaian kegiatan perusahaan

• Investor

Anggota masyarakat yang mampu atau mempunyai permodalan yang bila akan menginvestasikan modsalnya memerlukan data informasi keuangan perusahaan untuk mengukur kemampuan perusahaan.


Fungsi Akuntansi

Menyajikan laporan keuangan yang menunjukan posisi keuangan dan hasil dari kegiatan usaha perusahaan.

Prinsip Akuntansi
Memenuhi keperluan, yaitu informasi yang dihasilkan akuntansi mempunyai tujuan yang jelas. Tidak asal dibuat. Hal ini menyebabkan sistem akuntansi suatu perusahaan tidak sama dengan sistem akuntansi perusahaan lainnya, karena setiap perusahaan mempunyai kebutuhan berbeda sesuai dengan pengaruh lingkungannya.



Manfaat akuntansi dari segi :

Bisnis
• Akuntansi biaya
Yang menekankan masalah penetapan dan pengendaliaan biaya. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan dan menginformasikan data biaya, baik berupa data aktual maupun tafsiran

• Akuntansi keuangan
Akuntansi keuangan menangani masalah pencatatan transaksi dalam suatu perusahaan atau unit ekonomi yang lain dan juga menangani penyusunan laporan keuangan secara periodik dari catatan catatan tersebut

• Akuntansi pemerintah
Akuntansi pemerintah membahas keuangan negara serta mengatakan pencatatan dan pelaporan transaksi pada berbagai unit organisasi pemerintah, sperti departemen proyek pemerintah pusat dan daerah dasn BUMN

• Akuntansi sosial
Bidang akuntansi yang mengarah pada kemasyarakatan contoh: memberi informasi secara makro

• Akuntansi pemeriksa
Bidang auditing menangani suatu pemeriksaan atas catatan akuntansi secara bebas



• Akuntansi perpajakan
Kauntansi yang mencakup menyusun surat pemberitahuan pajak serta mempertimbangkan konsekuensi perpajakn dari transaksi usaha yang direncanakan

Dalam Bidang Pendidikan

Akuntansi pendidikan merupakan bidang spesifikasi akuntansi yang bergerak dalam penyebaran pendidikan akuntanasi pada masyarakat.

Macam Macam Profesi Akuntan

• Akuntan Public
Adalah akuntan independent yang memberi jasa jasanya atas dasar pembayaran tertentu seorang akuntan public dapat melakukan audit jasa perpajakan jasa konsultan jasa manajemen dan jasa penyusutan manajemen

• Akuntan Manajemen
Akuntan yang bekerja sebagai akuntansi internal suatu perusahaan dan menjadi pegawai perusahaan tersebut


• Akuntan Pemerintah
Akuntan yang bekerja pada badan badan pemerintah dan tugasnya bervariasi

• Akuntan pendidik
Akuntan yang terdiri dari akuntan akuntan yang menjadi tenagaq pengajar (dosen) di berbagai lembaga pendidikan.


C. LAPORAN KEUANGAN

Pengertian Laporan Keuangan
Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan.

a) Isi laporan keuangan
a. Neraca, adalah daftar yang sistematis dari aktiva, utang dan modal pada tanggal tertentu, yang biasanya dibuat pada akhir tahun. Disebut sebagai daftar yang sistematis, karena neraca disusun berdasarkan urutan tertentu. Dalam neraca dapat diketahui berapa jumlah kekayaanperusahaan, kemampuan perusahaan membayar kewajiban serta kemampuan perusahaan memperoleh tambahan pinjaman dari pihak luar. Selain itu juga dapat diperoleh informasi tentang jumlah utang perusahaan kepada kreditur dan jumlah investasi pemilik yang ada didalam perusahaan tersebut.
b. Laporan laba rugi, adalah ikhtisar mengenai pendapatan dan beban suatu perusahaan untuk periode tertentu, sehingga dapat diketahu laba yang diperoleh dan rugi yang dialami.
c. Laporan perubahan modal, adalah laporan yang menunjukkan perubahan modal untuk periode tertentu, mungkin satu bulan atau satu tahun. Melalui laporan perubahan modal dapat diketahui sebab-sebab perubahan modal selama periode tertentu.
d. Laporan arus kas, dengan adanya laporan ini pemakai laporan keuangan dapat mengevaluasi perubahan aktiva bersih perusahaan, struktur keuangan (termasuk likuiditas dan solvabilitas) dan kemampuan perusahaan didalam menghasilkan kas dimasa mendatang.


b. Bentuk bentuk laporan keuangan
Kalau kita menelusuri bentuk laporan dari beberapa perusahaan, akan kita temukan berbagai macam bentuk laporan. Laporan tersebut dapat kita golongkan ke dalam dua kelompok yaitu laporan operasional dan laporan keuangan. Laporan operasional digunakan untuk mengawasi aktivitas perusahaan dan diprint-out langsung oleh bagian yang terkait langsung dengan aktivitas tersebut serta laporan operasional sering tidak dilengkapi dengan satuan nilai mata uang. Namun tidak berarti laporan operasional tidang memerlukan satuan nilai mata uang tersebut. Bentuk laporan operasional sangat tergantung pada jenis operasional perusahaan. Laporan keuangan adalah laporan yang menyangkut asset perusahaan dan perubahannya. Laporan keuangan mempunyai bentuk standar dan aturan, prosedur yang harus dipenuhi dan dibuat oleh bagian akuntansi.
Laporan akuntansi utama adalah Neraca (Balanced), Laporan Rugi laba (income statement) dan Laporan perubahan modal (Capital Statement)



c. Manfaat laporan keuangan bagi:

a. Perusahaan

Untuk mendapatkan iformasi secara akurat dan membuat perusahaan mengethui laopran keuangan perusahaan

b. Rumah tangga

Mengetahui kerugian dan keuntungan yang didapat pemilik.

c. Pendidikan

Sebagai pendidik generasi muda untuk lebih maju dan berprestasi



Kesimpulan

Akuntansi digunakan berbagai kalangan untuk laporan keuangan dan mengetahui rugi atau laba kita, maka perdalam lah ilmu akuntansi yang anda miliki, semoga dapat berguna di kemudian hari kelak

Daftar Pustaka

Catatan SMA
Wikipedia

comment 0 komentar:

Poskan Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© @xmorexto | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger