Search

Pembangunan Ekonomi Daerah

Pembangunan ekonomi daerah merupakan suatu proses dimana pemerintah daerah setempat mengelola sumber daya yang ada, sehingga dapat mengundang pihak swasta (investor) untuk berinvestasi di daerah tersebut. Sehingga menciptakan lapangan kerja baru dan merangsang pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Pembangunan ekonomi daerah merupakan suatu proses yang mencakup pembentukan institusi baru, pembangunan industri-industri alternative, perbaikan kapasitas tenaga kerja yang ada untuk menghasilkan produk dan jasa yang lebih baik, dan pengembangan usaha-usaha baru.

Setiap upaya pembangunan ekonomi daerah mempunyai tujuan utama meningkatkan jumlah dan jenis peluang kerja masyarakat daerah. Oleh karena itu pemerintah dan masyarakat harus mengambil inisiatif pembangunan daerah dan mengembangkan sumber daya yang diperlukan untuk merancang dan membangun perekonomian daerah.

Masalah pokok dalam pembangunan daerah berada pada penekanan terhadap kebijakan pembangunan yang berdasarkan pada kekhasan daerah yang bersangkutan dengan menggunakan potensi sumber daya manusia, kelembagaan dan sumber daya fisik secara local (daerah). Sehingga masyarakat perlu mengambil inisiatif yang berasal dari daerah untuk mengembangkan potensi yang ada di daerah tersebut.

Namun, pembangunan ekonomi pada masa orde baru telah menimbulkan kesenjangan yang besar sehingga ada ketimpangan dalam kontribusi pendapatan antar kelompok pendapatan, maupun kesenjangan pendapatan ekonomi sehingga membuat masyarakat merasa pembangunan ekonomi ini tidak merata sehingga ingin melepaskan diri dari Indonesia..

Faktor-faktor Penyebab Ketimpangan

a. Konsentrasi kegiatan ekonomi

Konsentrasi kegiatan ekonomi yang tinggi di daerah tertentu merupakan salah satu factor yang menyebabkan terjadinya ketimpangan pembangunan antar daerah. Ekonomi yang daerah dengan konsentrasi kegiatan ekonomi tinggi cenderung tumbuh pesat, sedangkan daerah yang tingkat ekonominya rendah cenderung pertumbuhan ekonominya lebih rendah

b. Alokasi investasi

Distribusi investasi langsung baik luar negeri maupun dalam negeri mempengaruhi pertumbuhan ekonomi karena dengan adanya investasi langsung, daerah bisa membangun sarana dan prasarana penunjang pertumbuhan ekonomi misalnya jalan dan transportasi.

c. Mobilitas antar factor produksi

Kehadiran buruh migrant kelas bawah adalah tanda semakin majunya suatu Negara, ini berlaku baik bagi migrant legal dan illegal, ketika sebuah Negara semakin sejahtera, lapisan lapisan masyarakatnya naik ke posisi ekonomi lebih tingi .

d. Perbedaan sumber daya alam

Dasar pemikiran klasik mengatakan bahwa daerah yang kaya sumber daya alam akan lebih maju dengan daerah yang sedikit memperoleh sumber daya alam. Tapi tanggapan ini belum tentu benar karena tanpa dukungan sumber daya manusia dan teknologi yang ada daerah tersebut tidak dapat dikelola dengan baik.

Kesimpulan

Ø Pembangunan ekonomi daerah adalah suatu proses dimana pemerintah daerah dan amsyarakat mengelola sumber daya yang ada dan selanjutnya membentuk suatu pola kemitraan antara pemerintah daerah dengan sector swasta untuk menciptakan suatu lapangan kerja baru dan merangsang perkembangan pertumbuhan ekonomi yang ada di daerah tersebut

Ø Pembangunan ekonomi daerah merupakan suatu proses yang mencakup pembentukan institusi baru, pembangunan industry alternative, perbaikan tenaga kerja yang ada dan menghasilkan produk dan jasa yang lebih baik.

Ø Setiap upaya pembangunan ekonomi daerah mempunyai tujuan utama untuk meningkatkan jumlah dan jenis peluang kerja untuk masyarakat daerah. Untuk itu amsyarakat dan pemerintah daerah harus mengambil inisiatif membangun daerahnya dan mencari potensi yang ada di dlamnya untuk dikembangkan


Saran

Pemerintah daerah seharusnya membantu masyarakat di daerahnya untuk mengembangkan potensi daerah yang ada sehinnga masyarakat belajar untuk menekuni bidang tertentu dan daerah mereka akan dikenal karena sesuatu kerajinan atau jasa yang dibuat oleh masyarakat daerah tersebut

comment 0 komentar:

Poskan Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© @xmorexto | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger