Search

Analisis Laporan Keuangan DBS Singapore tahun 2009 - 2010

Analisis Laporan Keuangan Bank DBS Singapore tahun 2009 dan 2010

1        Rasio likuiditas

Current ratio adalah kemampuan untuk membayar utang yang segera harus dipenuhi.


Analisis : Kemampuan DBS singapore untuk membayar hutang hutangnya meningkat dari tahun sebelumnya, sehingga pembayaran hutang jangka pendek dapat berjalan dengan baik.

2        Rasio Efisiensi
Rasio2 efisiensi adalah kumpulan rasio yang terdapat dalam Balance sheet dan Income Statement, dengan menggabungkan sebuah laporan keuangan yang dinamis, yakni income statement dan sebuah laporan keuangan yang statis, balance sheet. Rasio2 ini penting untuk mengukur efisiensi dari suatu perusahaan dalam mengatur inventory, sales, assets, accounts receivables atau payables. Rasio ini juga menunjukkan kemam-puan perusahaan untuk dapat memenuhi obligasi pembayaran jangka pendek dan jangka panjang kepada Principals/suppliers.
Karena bila Perusahaan tidak menerima pembayaran tepat waktu, bagaimana mereka dapat membayar supplier tepat waktu juga. Sering kita mendengar alasan “Saya akan membayar setelah saya menerima pembayaran dari pelanggan” atau “Pelanggan saya belum membayar!'
Best Possible DSO adalah tolok ukur dengan mengabaikan penyimpangan2 yang ada dan hanya memakai angka tagihan (receivables) yang ada pada suatu saat. Dipakai sebagai pengukuran, makin dekat regular DSO pada Best Possible DSO, makin dekat pula tagihan (receivables) pada tingkat yang optimal.


Best Possible DSO mempergunakan 3 informasi untuk perhitungan:
·         Tagihan yang berjalan (Current Receivables)
·         Total penjualan kredit dalam periode perhitungan
·         Jumlah hari dalam periode perhitungan



Analisis : Waktu pembayaran tagihan bertambah lama 2 hari dari 1 tahun sebelumnya, adanya penurunan kinerja perusahaan pada tahun 2010

3        Rasio proftabilitas
Net Profit Margin adalah digunakan untuk laba bersih sesudah pajak yang dibandingkan dengan volume penjualan.



Analisis : adanya peningkatan laba bersih pada tahun 2010, naik cukup besar sehingga likuiditas bank juga semakin baik.



4        Return on Equity
Return on Equity adalah mengukur tingkat penghasilan bersih yang diperoleh pemilik perusahaan atas modal yang diinvestasikan.




Analisis : Adanya peningkatan penghasilan bersih oleh perusahaan berdasarkan modal yang telah di investasikan pada tahun 2010

5        Return On Assets (ROA)
Return On Assets (ROA) merupakan rasio yang digunakan untuk  mengukur kemampuan manajemen bank dalam memperoleh keuntungan secara keseluruhan. Semakin tinggi ROA berarti semakin baik pula posisi bank tersebut dari segi pengunaan asset.





Analisis : manajemen bank berhasil melakukan berbagai inovasi dalam menjalankan usahanya sehingga penghasilan bersih mereka meningkat.

comment 0 komentar:

Poskan Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© @xmorexto | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger